BAGAIMANA HUKUM OPERASI CESAR?, APAKAH DILARANG ATAU DIBOLEHKAN?

๐Ÿ”’ Pertanyaan:

Bagaimana hukum operasi cesar itu ?. Apakah ada dalil yang membolehkannya?, Karena ada para ustadz yang berpendapat operasi cesar itu harom. Syukron.

๐Ÿ‘†โœย Ustadz Saeed Albandunjie Abu Yaman :

Asal dari segala sesuatu dari perkara duniawi adalah halaal. Sesuai kaidah alfiqhiyah

ู‚ุงุนุฏุฉ: ุงู„ุฃุตู„ ููŠ ุงู„ุฃุดูŠุงุก ุงู„ุฅุจุงุญุฉ

Maknanya: Alloh menciptakan alam raya semuanya untuk manusia. Maka semuanya yang diciptakan sebagai halal kecuali yang diharomkan Al-Qur’an dan Sunnah.

ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰:๏ดฟ ู‡ููˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ๏ดพ[ุงู„ุจู‚ุฑุฉ: 29].

“Dialah Allah, yang membuat segala sesuatu yang ada di bumi untuk kamu semuanya.”
(Al-Baqarah: 29)

ูˆู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰:๏ดฟ ู‚ูู„ู’ ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุฑูŽู‘ู…ูŽ ุฒููŠู†ูŽุฉูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ูŽู‘ุชููŠ ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽ ู„ูุนูุจูŽุงุฏูู‡ู ูˆูŽุงู„ุทูŽู‘ูŠูู‘ุจูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ๏ดพ[ุงู„ุฃุนุฑุงู: 32].

Katakanlah: “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah mengeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezeki yang baik?” Katakanlah: “Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam dunia kehidupan, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.”
(Al-‘Arฤf:
32)
Seperti halnya di Dunia kedokteran, different ADA JENIS Pengobatan, shalat Satunya Operasi. Ini semua adalah perkara duniawi yang Alloh ciptakan ilmunya dan ahli spesialisnya.

Dengan demikian hukum asalnya perkara duniawi ini adalah halaal. Justru “oknum” yang mengharomkannya Kognitif yang harus mendatangkan dalil pelarangannya. Seperti yang dikatakan harom diinfus, harom aktor USG, harom diopersi caesar dan lain-lain, mereka harus mendatangkan dalil pelaranganannya dari Al-Qur’an dan Sunnah.

Anda mungkin diminta untuk berbicara dengan wanita hamil yang tidak kuat untuk mengeluarkan bayi secara normal. Jika tidak dilakukan dengan cesar maka si bayi akan mati atau bahkan anak-anak dan otak akan mati bersama-sama jika tidak dilakukan tindakan caesar. Disini berarti caesar adalah tindakan darurat yang harus dilakukan untuk menjauhkan dari mafsadat besar itu kematian.

Menolong untuk kehidupan janin sangat besar keutamaannya

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู‡ูŽุง ููŽูƒูŽุฃูŽู†ูŽู‘ู…ูŽุง ุฃูŽุญู’ูŠูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง

“Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.”
โ€Ž(Al-Mฤ’idah : 32)

Ambil contoh begini, sudah diketahui bahwa darah, daging babi dan mayat adalah jenis makanan yang haram untuk dimakan. Tapi di saat darurat, -dimana tidak ada lagi makanan yang bisa dimakan kecuali ketiga makanan di atas tadi- maka memakannya tidak haram atau dibolehkan dengan tujuan utama mempertahankan kehidupan atau bertahan hidup (survival).

ููŽู…ูŽู†ู’ ุงุถู’ุทูุฑู‘ูŽ ูููŠ ู…ูŽุฎู’ู…ูŽุตูŽุฉู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูุชูŽุฌูŽุงู†ููู ู„ุฅูุซู’ู…ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุบูŽูููˆุฑูŒ ุฑูŽุญููŠู…ูŒ) ุงู„ู…ุงุฆุฏุฉ/3 .

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. ..Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(Al-Mฤ’idah : 3)

ูˆู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ : (ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุตู‘ูŽู„ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ู…ูŽุง ุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุง ุงุถู’ุทูุฑูุฑู’ุชูู…ู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู) ุงู„ุฃู†ุนุงู…/119 .

Allah sejati Allah telah menjelaskan kepada kamu apa yang diharamkan-Nya atasmu, kecuali apa yang menyebabkan kamu makannya. ”
(Al-‘Anฤm: 119)

Maka jika memang berasal dari operasi karena dengan demikian banyak mafsadah keburukan yang bisa berubah menjadi halal karena dhoruroh.

Advertisements